Latar Belakang
Berbicara teknologi tak terlepas dari perkembangan media. Media berkembang searah dengan berkembangnya budaya di dalam masyarakat tetapi media juga bisa mempengaruhi budaya masyarakat dengan suguhan-suguhan yang bersifat positif dan bisa juga negatif. Karena tujuan media tersebut adalah menyampaikan informasi kepada khalayak ramai.Terkadang informasi yang diberitakan bisa membawa dampak negatif terhadap psikologis sang konsumen. Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya efek negatif yang berkelanjutan dari teknologi komunikasi iru adalah dibuatnya kebijakan. Kebijaksanaan yang dimaksud di sini adalah berasal dari pemerintahan dan pertimbangan dari publik tentang bagaimana struktur dan peraturan yang berkaitan dengan media sehingga media mampu memberikan yang terbaik kepada publik.
Nilai etika tradisional yang hilang
Banyak kasus yang terjadi mulai dari melarikan anak gadis orang yang dilakukan orang yang sejatinya sudah dikenal gadis tersebut. Karena bujuk rayu atau apapun itu ketika komunikasi dilakukan melalui jejaring facebook tersebut maka si gadis pun terlena. Masih banyak lagi kasus kasus lain. Namun di samping itu juga ada pergesaran etika-etika tradisional yang malah menuju ke arah perbaikan sebagaimana yang dilakukan oleh seorang walikota tepatnya di kota Surabaya yang membuat akun facebook agar lebih dekat dengan masyrakatnya.
Perubahan Proses Bisnis
Teknologinya dan Model kerjanya
Sebuah perusahaan membuat sebuah website sebagai took online, dimana didalamnya terdapat gambar barang yang dijual serta harganya yang tecantum. Kemudian pembeli yang berminat dapat melakukan transaksi dengan sebuah system informasi yang berakhir pada pemilihan barang yang kan dibeli dan pentransferan sejumlah uang sesuai dengan harga barang dan biasanya ditambah dengan ongkos kirim barang.Nilai etika tradisional yang hilang
Adapun perubahan etika bisnis yang disebabkan karena teknologi yang dapat kita lihat adalah pada proses jual beli yang dilakukan. Dimana biasanya jual beli dilakukan dengan adanya barang yang dilihat dan dapat dipegang langsung oleh pembeli. Namun dengan berembangnya teknologi serta makin maraknya internet marketing. Kemudian biasanya proses jual beli dilakukan dengan komunikasi bicara ataupun chatting, namun dengan adanya system e-commerce maka hal-hal tersebut ditinggalkan dan barang akan dating dengan sendirinya ketika proses transaksi sistematis dengan sebuah system informasi telah selesai dilakukan. Satu lagi etika ataupun kebiasaan yang tergeser dengan perkembangan teknologi, yaitu minim atau bahkan tidak adanya proses tawar menawar, ini juga terjadi pada supermarket-supermarket.Kesimpulan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar